I was a student of STIKOM The London School of Public Relations Jakarta, bachelor's degree in Mass Communications Major, looking an job on your company. I have enclosed my resume for your review. I would like to apply in productions department. But if there is another related business job opportunity that would fit me, I would take it.

Selasa, 07 April 2009

Bussiness Proposal of BALI4U MAGAZINE


by.
MC 10-5B
GLOW team

Hanna Wijaya
Kinara Apsari
Lorraine Evelyn
Revina Febrianti
Syafri Doini
Theresia Indriyani

(This proposal is the GLOW group work,the magazine it self was submited on final test on february)

BUSINESS PROPOSAL
I.ABOUT US
GLOW team consists of six person. According to the abbreviation of “God Lead Our Way”, GLOW has a philosophy that we always have to keep glowing as a light in darkness. We believe that by doing our best and pray, with His blessings, we will be success.
Untuk proyek terbarunya, tim GLOW akan membuat sebuah free-magazine tentang traveling yang khusus membahas tentang Bali. Mengusung nama “BALI4U”, pembagian tugas team GLOW dalam majalah ini adalah sebagai berikut:

THERESIA INDRIYANI as a Editor in Chief
Lahir di Beijing dan besar di Jakarta, wanita kelahiran tahun 1978 ini adalah lulusan dari Universitas Harvard. Dengan kemampuannya mengkoordinasi, dan memanage wanita ini sekarang menempati posisi Editor in chief di BALI4U.


 LORRAINE EVELYN as a Managing Director
Wanita kosmopolitan berusia 25 tahun ini merupakan lulusan dari Berkeley College, Boston. Dengan pengalaman kerja di media lokal Amerika dan kontributor majalah Cosmopolitan USA, setelah kembali ke kampung halamannya Lorraine sempat bekerja di majalah Harper’s Bazaar dan kini turut membantu majalah BALI4U.

 HANNA WIJAYA KUSUMA as a Editor
Sudah lama terjun di bidang media dan namanya sudah dikena dikalang editorial magazine membuat BALI 4U bangga mempunyai seorang editor lulusan The London School of Public Relations ini.

 KINARA APSARI, Co-Editor
Penggemar makanan Sunda ini menyelesaikan kuliahnya di Universitas Trisakti Jakarta jurusan komunikasi. Dengan pengalaman 5 tahun di industri media, Kinara amat mengerti seluk beluk penulisan di majalah dan dapat menampilkan tulisan terbaik untuk para pembaca BALI4U.

 SYAFRI DOINI, Design Production Manager
Pria lajang ini sangat menyukai dunia seni dan desain, serta sempat memperoleh beberapa penghargaan dalam Festival Design Indonesia tahun 2004-2006. Lulusan terbaik dari Monash University Malaysia ini selalu optimis dan selalu belajar untuk mengembangkan kemampuannya lebih lagi.

 REVINA FEBRIYANTI as a Creative Designer
Revina mengawali karirnya sebagai mahasiswi magang di BALI4U untuk memenuhi tugas kuliahnya. Dengan kemampuan kreatifnya, akhirnya ia diangkat sebagai tim inti dan mulai bekerja di BALI4U sejak Agustus 2007.
Dengan tekad yang kuat, keterampilan menulis, menyusun berita, serta menuangkan ide dan kreatifitas dalam bentuk berita dan design, kami optimis akan dapat memberikan yang terbaik untuk para pembaca majalah BALI4U.

"our graduate background is an fictions, cause the lecturer provide us to make the real conditions proposal (not only for class project)"


II.OBJEKTIF
Dengan proposal ini, kami ingin menyakinkan MEYAKINKAN PARA INVESTOR DAN BANK, untuk memberi dukungan dana dalam pembuatan BALI4U magazine.
Dengan beberapa komitmen seperti dibawah ini, sebagai gambaran tentang kerjasama yg akan dilakukan selanjutnya seperti:
oPerencanaan keuangan yang rapih dan juga sederhana agar para investor dan bank dapat melihat dan mempelajari keluar masuknya uang yang diperoleh / digunakan dengan mudah.
oSelalu terbuka / jujur setiap adanya permasalahan.
oTidak memihak kepada seseorang maupun kelompok tertentu.


TARGET PANGSA PASAR
Demografis
Majalah “Bali4you” memuat artikel dan iklan-iklan yang dapat dibaca baik laki – laki maupun perempuan, yang berusia 20 – 40 tahun. Kami memilih usia 20 – 40 tahun karena pada usia seperti itu, seseorang telah masuk ke dalam masa produktif. Baik dalam pekerjaan maupun dalam berumah tangga.

Psikografis
Majalah “Bali4you” dibuat bagi anda yang sangat mencintai travelling, dimana para pembacanya mempunyai gaya hidup yang modern, dynamic, active, dan adventuros. “Bali4you” memuat berbagai macam panduan mengenai tempat – tempat wisata, hotel, restaurant, cafe, spa & salon, pusat perbelanjaan, dan museum ternama di Bali.


Topografis
Majalah “Bali4you” hanya beredar di Bali, dengan tujuan agar berita dan artikel – artikel yang disampaikan lebih spesifik dan bermanfaat bagi para pembaca pada saat sedang berlibur di Pulau Bali, seperti para Eksekutif Muda, Pasangan Muda, dan Tourist – tourist dari luar negeri.

Sosiografis
Majalah “Bali4you” diperuntukkan bagi masyarakat yang sangat mencintai gaya hidup karena berita, artikel, dan iklan – iklan yang
dimuat di majalah “Bali4you” bertaraf bintang 5.

POSITIONING
Majalah “Bali4you” selain menggunakan kertas yang berkualitas dan design yang atraktif, majalah “Bali4you” selalu memuat artikel dan memilih iklan dari para tenant yang berkualitas. Dengan tujuan agar majalah “Bali4you” dikenal sebagai salah satu majalah yang berkelas karena selalu menampilkan gaya hidup / lifestyle yang dibutuhkan oleh para eksekutif muda maupun pasangan muda yang energik dan berpendidikan tinggi.

ANALISIS SWOT
Strength
-Majalah “Bali4you” merupakan majalah gratis yang bisa didapatkan di pick up points tertentu.
-Tenant – tenant yang menjadi member merupakan tenant yang berkualitas dan komersial.
-Dibaca oleh para eksekutif dan pasangan muda yang berpendidikan tinggi ( laki – laki / perempuan ).
-Kertas yang digunakan berkualitas tinggi.
-Desain dan layout ditampilkan secara atraktif.

Weakness
-Adanya keterbatasan distribusi ( hanya beredar di Bali ).
-Ketergantungan dana dari iklan dan pihak sponsor.
-Belum dikenal banyak orang.

Opportunity
-Gaya hidup seseorang yang semakin beragam.
-Masyarakat menyuka hal – hal yang serba gratis.
-Meningkatnya harga majalah Lifestyle yang komersil.

Threats
-Adanya beberapa majalah yang beredar dengan konsep serupa.
-Kurangnya pemasang iklan yang seharusnya ikut membiayai Bali4u.

FINANCIAL ASPECTS
-Majalah “Bali4you” mempunyai beberapa kriteria dalam melakukan kontrak kerjasama, baik itu dengan para member tetapnya maupun dengan para calon member “Bali4you”. Beberapa kriteria tersebut, yaitu :

# Partners
Dalam kerjasama ini, pihak “Bali4you” dengan pihak member “Bali4you” membagi keuntungan sama rata, yaitu 50% - 50%.
Contohnya seperti majalah “Bali4you” melakukan kontrak kerjasama dengan salah satu universitas yang akan mengadakan acara. Disini majalah “Bali4you” sebagai Media Partners dalam acara tersebut.

# Profit Sharing
Dalam kerjasama ini, pihak “Bali4you” akan membagi 30% dari total keuntungan nya dengan pihak member “Bali4you”. Biasanya kontrak kerjasama seperti ini antara “Bali4you” dengan para investor.

# Loan
Dalam kerjasama ini, pihak “Bali4you” akan menandatangani kontrak kerjasama dengan melakukan peminjaman modal investasi kepada pihak member nya, si pemberi pinjaman. Contohnya : Bank memiliki kerjasama dalam hal menanamkan modalnya dan mendapatkan keuntungan dari hasil iklan – iklan yang masuk dan juga berasal dari pajak.

WHAT’S IS IT FOR ME (Manfaat dan Kegunaan Untuk Pembaca)
1.pembaca akan mendapatkan berbagai Informasi mengenai Bali, dari obyek wisata, hingga kuliner yang dapat dinikmati, serta akomodasi yang dapat dijangkau di bali.
2.pembaca akan mendapatkan tips dari kami bagaimana liburan yang seru dan menarik serta Efektif di Bali, dimana pulau ini tak habis untuk dijelajahi.
3.diharapkan pula GLOW akan memberikan inspirasi dari artikel yang kami suguhkan, untuk mengunjungi tempat liburan di Bali yang sedang HAPPENING



III. TARGET AUDIENCE
1. Demografis
a)Sex : Laki-laki / Perempuan
b)Age : 20 - 40 tahun

2. Psikografis
a)Interest : Love Travelling
b)Lifestyle : Active, Adventuros, Dynamic, Modern

3. Topografis
a)Place : Bali Island
b)Profesi: Eksekutif muda, Pasangan muda, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, dan para turis asing

4. Sosiografis
SES : A, B

IV. BALI4U BLUE PRINT
Travel magazine by GLOW


Background
Bali is an interesting place to visit by national or international tourist. Bali is also called “Seribu Pura” Island, because the people are religious and stick to their culture. The friendliness of Balinese is the other reason why tourists never bored to visit Bali regularly, which recognized as a complete and inspirational holiday destination.
Bali have a lot of culture, multi nature, and the people’s unique creativity for us to discuss.

Goals and Purposes

We want to give a full information to the readers while they have a plan to do traveling. We also give reference and guidance for those who want to travel to Bali. We provide every information about Bali so even if traveler know nothing when they travel to Bali, they will not get confused.

Mission statement
To be a well-known magazine that gives all information for the tourist.
To be a satisfying magazine for the market, and
To be an good magazine in sponsors views who give our profitably

Mechanical details :
1.Name of magazine : BALI 4 YOU
2.Price : it’s free magazine
3.Size : 15,5 cm X 20 cm
4.Paper type : Content; Art paper 150 gr
Cover ; art paper 250gr
5.Font : For title; Bradley Hand ITC, size; 22-56
For content; Papyrus, Size; 10-16
6.Binding : perfect binding
7.Pages : 80 pages + 4 pages for cover
8.Content Proportion : 40% of article – 60% picture
Frequency
1.Bi- monthly
2.1500 exemplar: with pick-up points in every hotel, restaurant, and public areas ( waiting room in airport terminal, café.

Layout
FRONT COVER
 I: we put the brand of the magazine, put the headline and hot topic of the edition
 Ii: we prepare the space for sponsor
 BACK COVER : all of the them, we prepare the space to the sponsor.
 CONTENT :

page 1. advertisment
page 2. Table of content
page 3. Table of content
page 4. Editor’s welcome + redaktorial
page 5. advertisment
page 6. Readers letter & comments
page 7. Readers letter & comments
page 8. Advertisment
page 9. Calender event
page 10. Calender event
page 11. advertisment
page 12. Feature of the month
page 13. Feature of the month
page 14. advertisment
page 15. advertisment
page 16. Whats on
page 17. Whats on
page 18. Whats on
page 19. Whats on
page 20. Whats on
page 21. advertisment
page 22. advertisment
page 23. Tried and tasted
page 24. Tried and tasted
page 25. Tried and tasted
page 26. Tried and tasted
page 27. adveristment
page 28. editor tips
page 29. Editor tips
page 30. advertisment
page 31. Shopping information
page 32. Shopping information
page 33. advertisment
page 34. Privilege
page 35. Privilege
page 36. Privilege
page 37. Advertisment
page 38. advertisment
page 39. Bali hot spot
page 40. Bali hot spot
page 41. Bali hot spot
page 42. advertisment
page 43. advertisment
page 44. Beach information
page 45. Beach information
page 46. Beach information
page 47. Beach information
page 48. advertisment
page 49. Advertisment
page 50. Advertisment
page 51. 10 glowing things in bali
page 52. 10 glowing things in bali
page 53. 10 glowing things in bali
page 54. 10 gloving things in bali
page 55. advertisment
page 56. advertisment
page 57. Adventure information
page 58. Adventure information
page 59. Adventure information
page 60. advertisment
page 61. Budgeting tips
page 62. Budgeting tips
page 63. Budgeting tips
page 64. advertisment
page 65. advertisment
page 66. Lifestlye information
page 67. Lifestyle information
page 68. Lifestlye information
page 69. advertisment
page 70. advertisment
page 71. Informational report
page 72. Informational report
page 73. Informational report
page 74. Gift with a twist
page 75. Gift with a twist
page 76. advertisment
page 77. advertisment
page 78. maps
page 79. maps
page 80. advertisment




THE COLUMNS
Regular Columns:
1.Calendar events
up to date events or activities on Bali in one tIme frame.
2.Informational report
basic information about things you will need in Bali, for example opening hours information, airport, car rental, transportations, petrol station, medical services, and emergency.
3.Tried and tasted
recommended place or service which already surveyed by our editor.
4.MAP
The map of the Island of Bali, regularly updated with places to go.
5.What’s on
happening things or recent issue about Bali
6.Budgeting /money tips
holiday financial manage tips for your trip to Bali
7.Privilege
contains the product explanation by sponsor
8.Editor’s tips
this column contains traveling tips and advices.
9.Bali hot spot
specific information about one area in Bali

Additional Columns:
1.10 glowing things in bali
ten most favorite things to do and see in Bali.
2.Hotel
this column contains the discussion of place to stay with the facility.
3.Shopping
interesting places to go shopping
4.Beach
the beaches that becomes an appealing object in Bali
5.Adventure
offer information about outdoor activities (outbound, rafting, etc) all around Bali
6.Lifestyle
the information about entertainment place for tourist
7.Gift with a twist
discount voucher from sponsor to the readers

Editorial Plan:
Majalah ini berisi 11 rubrik tetap yang akan selalu ada setiap bulannya, dan 2 rubrik khusus yang hanya akan ditulis pada saat-saat tertentu. Berikut penjelasannya:
3rd edition, (Mei – June 2009)
theme : HIGHEND in Bali
Regular Columns:
1.Calendar events : event at mei-june 2009
2.Information : highend accommodation
3.Tried and tasted : sea walker at sanur beach
4.MAP : highend map
5.What’s on : Menjangan island
6.Budgeting /money tips : highend
7.Privilege : promotion pakage four BVLGARI Hotel
8.Editor’s tips : Highend effective cost in bali
9.Bali hot spot : KU DE TA
Additional Columns:
1. 10 glowing things in bali : 10 most perfect highend places
2. Hotel : BVLGARI Hotel
3. Shopping : Jenggala
4. Beach : menjangan beach
5. Lifestyle : Spa On the Rocks

V. DISTRIBUTION PLAN
Majalah BALI4U merupakan majalah gratis yang bisa diperoleh di tempat-tempat tertentu di area Bali, dengan pick-up points resmi sebagai berikut:
Pick-Up Points:
Blak Canyan Coffee
KU DE TA
Budha Bar
Ballarad Café
Discovery Plaza
La Luciola
Ultimo Café
SOHO
Aston Banvana Villas
Kamuela Villas
Hotel Ritz Carlton
Hotel Four Season Bali
Hotel Intercontinental
BVLGARI Hotels & Resort
Jenggala
Nusa Dua. Nikko
Warung Made
Kafe Warisan
Bubba Gum Restaurant
Oberoy Café
Casa Luna Restaurant
Hotel Conrad
Garuda Wisnu Kencana
Travel agent in Bali

Distribusi majalah: dari 10000 exemplar BALI4U yang akan terbit setiap edisinya, akan di sebar ke berbagai daerah yang ada di Bali, mulai dari KUTA, DENPASAR, NUSA DUA, JIMBARAN, UBUD, KINTAMANI, SINGARAJA, LOVINA, TANJUNG BENOA, yang merupakan tempat tempat dimana para turis berkumpul menikmati keindahan alam bali, hingga ke pulau yang berada di sekitar bali seperti Menjangan dan Lembongan.

VI. PROMOTION PLAN
1.Online
Kami menggunakan media internet sebagai salah satu sarana promosi majalah “Bali4you”. Maka dari itu, kami membuat situs resmi majalah kami yakni http://www.bali4you.com
Selain berisi beberapa artikel dari majalah, website ini juga berisi mengenai polling, kuis berhadiah, dan forum diskusi yang memungkinkan para pembaca atau pengunjung website dapat berinteraksi satu sama lain. Dalam website ini pun, para pembaca dapat mendownload artikel atau gambar – gambar yang pembaca sukai.

2.Launching
Acara launching majalah “Bali4you” akan diadakan:
•Tempat : KuDeTa
•Waktu : Tentative
•Konsep Acara : Konferensi Pers dengan mengundang media massa, para blogger terkemuka, dan tamu VIP “Bali4you”. Acara launching juga akan dimeriahkan dengan pertunjukkan musik oleh para bintang tamu dan bazaar dari para tenant.
•Bintang Tamu : Anggun, Maya Hasan, Luna Maya, Yovie and Nuno.
•Media yang akan diundang:
O Channel
Jak TV
Metro TV
Prambors FM
Trax FM
Elshinta FM
Sonora FM
Woman Radio
A+ magazine
Femina Magazine
Cosmo Magazine
Bazaar Magazine
ELLE Magazine
Bridal Magazine
The Wedding Magazine